Manfaat Bawang Bombay dalam Masakan dan Bagi Kesehatan

Bawang bombay sering sekali ditemukan dalam beragam masakan Indonesia. Sering sekali bawang yang satu ini digunakan sebagai bumbu ataupun pelengkap sajian masakan. Dalam beberapa resep seperti salad dan isian burger, bombay diiris dan disajikan mentah, langsung disantap tanpa proses pemasakan.

Penggunaan bawang bombay memang memang akan meningkatkan rasa dan tekstur masakan. Namun, selain untuk melezatkan masakan, bawang bombay juga kaya akan manfaat penting lainnya. Berikut beragam manfaat bawang bombay yang menarik untuk diketahui :

1. Memberikan Tekstur Renyah pada Makanan

Bawang bombay memiliki tekstur renyah dan aroma yang khas. Sering sekali irisan bawang bombay dicampurkan pada berbagai hidangan untuk memperkaya tekstur, seperti pada salad, isian burger, topping spaghetti, dan sebagainya.

2. Meningkatkan Kelezatan Makanan

Selain untuk memberikan tekstur renyah pada makanan, bombay memiliki rasa manis dan aroma khas yang melezatkan masakan. Penggunaan bawang bombay juga bisa mengurangi penggunaan gula pada masakan. Bawang bombay yang ditumis akan mengeluarkan rasa manis yang bisa dijadikan pemanis alami masakan.

3. Mencegah Terjadinya Kanker

Sayuran alium seperti bawang putih, bawang merah, dan bawang bombai telah dipelajari secara luas dalam kaitannya dengan mengurangi risiko mengembangkan kanker. Manfaat menguntungkan ini kemungkinan juga karena senyawa organosulfur yang kaya didalamnya. Senyawa ini juga berpengaruh terhadap pencegahan pembentukan radikal bebas.

Selain itu, segala jenis bawang (termasuk bawang bombai) juga merupakan sumber antioksidan dengan vitamin C yang membantu memerangi pembentukan radikal bebas yang diketahui juga menjadi menyebabkan kanker.

4. Menyehatkan Pencernaan

Hubungan antara bawang dan kesehatan pencernaan dikarenakan mereka kaya inulin, sejenis serat yang bertindak sebagai prebiotik (yang dikanal manfaatnya untuk kesehatan pencernaan). Inulin juga membantu mencegah sembelit, menyeimbangkan gula darah, meningkatkan penyerapan nutrisi, dan mendukung kepadatan tulang yang sehat.

5. Menurunkan Tekanan Darah dan Kadar Kolestrol Jahat

Penelitian menunjukkan bahwa bawang bombay bahkan dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol “baik” (HDL). Selain itu, antioksidan flavonoid dalam bawang bombay juga bekerja untuk menurunkan LDL, atau kolesterol “buruk”. Flavanoid yang terdapat pada bawang bombay juga berperan sebagai anti karsinogenik, anti inflamasi dan anti diabetes.

6. Menurunkan Kadar Gula Darah

Bawang bombay juga terkenal karena sifat penurun gula darahnya, dan telah terbukti mengurangi jumlah glukosa yang masuk ke aliran darah Anda setelah makan. Senyawa dalam baeang bombay juga dapat bekerja pada sel tubuh dengan meniru insulin.

Pengidap diabetes yang telah mengonsumsi obat diabetes namun juga ingin menggunakan bawang bombay sebagai pengobatan alternatif, sebaiknya memeriksa kadar gulanya secara saksama untuk mengetahui pengaruhnya juga.

Itu tadi manfaat mengonsumsi bawang bombay untuk tubuh. Bagi Anda yang ingin membeli bawang bombay dengan kualitas terbaik dan segar langsung dari petani dapat membelinya di TaniHub.

TaniHub merupakan tempat belanja sayur dan buah online terbaik saat ini. Produk yang dijual pun sangat beragam, selain bawang bombay, di TaniHub juga menjual buah, sayur, bumbu, telur & unggas, kebutuhan masak hingga sembako.

Belanja di platform ini pun terbilang sangat mudah, cukup akses websitenya di https://TaniHub.com  atau download aplikasinya di Play Store dan AppStore. Pesan produk yang Anda inginkan, bayar dan tinggal tunggu #dirumahaja, kurir TaniHub akan langsung mengantarkannya.

Leave a Comment