Mengapa Slip Gaji Karyawan Penting Bagi Transparansi Perusahaan?

Pekerjaan HRD semakin hari kian beragam dan menghadapi banyak tantangan. Di satu sisi HRD harus memaksimalkan manajemen SDM namun di sisi lain HRD juga harus berurusan dengan pekerjaan administrasi yang memakan waktu lama karena banyaknya komponen dari tiap karyawan. Menggunakan aplikasi merupakan salah satu alternatif yang dinilai ampuh untuk menuntaskan pekerjaan HRD lebih cepat dan tepat.

Adapun yang dapat Software HR Indonesia lakukan cukup beragam, mulai dari otomatisasi penggajian, rekrutmen, perencanaan suksesi karyawan, penilaian kinerja, dan sebagainya. Keberadaan aplikasi dapat membuat pengerjaan berbagai tugas administrasi tersebut lebih efisien serta tidak membutuhkan banyak dokumen fisik.

Namun, tidak semua perusahaan paham benar bagaimana cara memilih Software HR Indonesia. Padahal kondisi dan kebutuhan dari tiap perusahaan pasti berbeda dan tidak bisa disamakan.

Jadi, apa yang perlu perusahaan lakukan sebelum menggunakan aplikasi? Berikut beberapa tipsnya untuk Anda!

1. Pahami Kebutuhan Perusahaan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tiap perusahaan memiliki kondisi yang berbeda. Ada perusahaan yang mengalami masalah di rekrutmen, penggajian, dan lain-lain. Ada pula perusahaan yang mempunyai masalah hanya di satu aspek saja.

Oleh karena itu, Anda harus paham dulu kondisi perusahaan seperti apa, barulah Anda dapat memahami kebutuhan untuk menyelesaikan atau mengatasi kondisi tersebut. Anda dapat berkonsultasi dengan pihak vendor pengembang aplikasi untuk mencari tahu lebih detail modul atau sistem seperti apa yang dibutuhkan berdasarkan kebutuhan Anda.

2. Pastikan Budget Sesuai

Urusan anggaran atau budget juga tidak kalah penting. Jangan terlalu memaksakan untuk membeli atau menyewa sebuah aplikasi yang tidak sesuai dengan budget perusahaan. Bukan malah akan mempermudah, hal itu justru akan menyulitkan perusahaan untuk bekerja lebih efisien.

3. Cari Tahu Biaya Tambahan Selain Berlangganan

Sebelumnya sudah disebutkan mengenai menyesuaikan budget dengan harga yang ditawarkan oleh vendor. Akan tetapi, pastikan juga bahwa apakah perusahaan Anda diharuskan membayar biaya tambahan lagi seperti biaya maintenance dan lainnya. Jangan sampai di tengah berlangganan Anda akan ditagih biaya tambahan yang tidak Anda ketahui sebelumnya.

4. Jangan Terkecoh Harga Murah!

Meskipun perusahaan harus mempertimbangkan budget yang dimiliki dengan penawaran dari vendor, jangan pula tergiur dengan harga murah begitu saja. Sebab banyak vendor yang berlomba-lomba menawarkan harga murah kepada perusahaan. Tetapi setelah digunakan, aplikasi tersebut memiliki banyak kendala baik sebelum dan sesudah implementasi.

5. Gali Testimoni Client Sebelumnya

Ada baiknya juga perusahaan Anda mencari tahu testimoni dari para client yang menggunakan vendor sebelumnya untuk informasi yang lebih valid. Dengan begitu Anda akan lebih yakin untuk memilih vendor tersebut. Sebab memilih vendor software HR Indonesia yang mempunyai reputasi bagus tentu lebih baik dibandingkan memilih yang belum mempunyai reputasi atau bahkan memiliki reputasi buruk.

6. Pilih yang Menjamin Keamanan dan Kerahasiaan

Isu mengenai keamanan dan kerahasiaan data sudah menjadi hal yang diperbincangkan banyak orang di tengah maraknya pencurian atau penyalahgunaan data dan informasi. Data karyawan yang sifatnya konfidensial tentu harus dilindungi dengan sedemikian mungkin.

Penting bagi perusahaan untuk memilih vendor yang benar-benar menjamin keamanan dan kerahasiaan data. JIka sampai terjadi manipulasi atau pencurian data, yang dirugikan lagi-lagi adalah pihak perusahaan, bukan?

7. Pelajari Fungsi dan Kelengkapan Fitur

Hal penting lain yang perlu dicari tahu dan dipahami oleh perusahaan sebelum menggunakan aplikasi adalah memahami fitur dan kelengkapannya terlebih dahulu. Berbagai fitur yang ada jangan sampai malah menyulitkan pihak perusahaan. Begitu juga dengan kelengkapan fitur yang akan membantu perusahaan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Anda bisa mengajukan demo atau uji coba terlebih dahulu kepada pihak vendor sebelum memutuskan untuk menggunakan software HR Indonesia.

Bagaimana? Apakah Anda sudah terbayang untuk memilih aplikasi seperti apa? Banyak vendor yang menawarkan jasa pengembangan Software HR Indonesia di luar sana. Contohnya adalah Talenta by Mekari yang dikenal dengan jaminan keamanan dan kerahasiaan data.

Talenta adalah salah satu merk HRIS (human resources information system), yakni software (perangkat lunak) untuk manajemen sumber daya manusia. Software HRIS biasanya bertujuan mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, absensi, dan performance appraisal.

Selain itu, Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee-self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing. Fitur-fitur yang disediakan Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan. Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.

Kelebihan Talenta by Mekari:

1. Fitur yang disajikan sangat berlimpah

Keunggulan dari Talenta By Mekari ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah. Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Talenta By Mekari ini, berikut ini detail fiturnya

  • Fitur payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.
  • Fitur manajemen waktu, maka tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan.
  • Fitur absensi mobile, maka seluruh karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah kapan dan dimana saja. Dan fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada absensi karyawan sewaktu-waktu.
  • Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.

2. Kostumisasi yang sangat terperinci

Semua hal yang diatur di dalam Talenta diatur secara sangat terperinci, Di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

3. Tim Support yang efektif dan responsive

Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.

Dalam aplikasi Talenta ini juga sering diadakan promo dan diskon yang berakibat pada harga yang bisa lebih murah dari harga normal. Tentu saja hal ini bisa dikatakan angin segar untuk perusahaan yang ingin menggunakan Talenta sebagai sistem payroll mereka namun dengan anggaran yang terbatas.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal. Talenta dapat diakses dengan mudah di https://Talenta.co. Tunggu apa lagi? Coba Talenta sekarang juga.

Beberapa tips di atas dapat Anda lakukan sebelum menggunakan software HR Indonesia. Semoga ulasan singkat ini dapat membantu Anda untuk mencari software HR Indonesia untuk perusahaan Anda!

Leave a Comment